Daud-Raja Daud-Daud

Agustus 17, 2010 pukul 1:02 pm | Ditulis dalam Apologet, Pemikiran, Saya melihat | Tinggalkan komentar
Tag: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Daud, David, di dalam Alkitab KJV yang menerjemahkan Alkitab secara word by word dapat ditemukan di dalam hampir seribu ayat, dengan sekitar seribuan kata juga. Dari Perjanjian Lama, di mulai dari Kitab Ruth sampai Kitab terakhir Wahyu, nama David (Daud) menghiasi… Nama David menyita sekitar 3 persen dari seluruh ayat di Alkitab.
Orang akan lebih mudah mengenali Daud dengan sebutan Raja Daud, jelas dari semua raja yang pernah memerintah di Israel, dialah raja yang paling terkenal, dan menjadi lambang dari Raja Yang akan datang itu, Mesias, Kristus. Sementara Alkitab mencatat perihal Daud ini lumayan lengkap.
Permulaannya diawali dari Kitab Ruth, dari…
Dan tetangga-tetangga perempuan memberi nama kepada anak itu, katanya: “Pada Naomi telah lahir seorang anak laki-laki”; lalu mereka menyebutkan namanya Obed. Dialah ayah Isai, ayah Daud.
(Ruth 4:17)

Ada apa dengan Naomi?, Naomi memiliki dua anak dari satu suami, Elimelekh namanya, Elimelekh artinya ALLAH adalah Rajaku (EL-i-malakh). Dua anak mereka ini menikahi orang Moab, Orpha dan Ruth. Moab adalah keturunan Lot, Lot adalah anak Haran, Haran adalah saudara kandung Abraham. Di dalam rumusan kekerabatan orang Batak, Lot memanggil Abraham “Amang Uda”, dan Abraham memanggil Lot “amang”, atau “anaha”. Dan mereka ini, Elimeleks cs, adalah orang Betlehem, yang kemudian merantau ke tanah Moab, Yordania sekarang, karena di Betlehem sedang ada bencana kelaparan yang hebat. Mereka akhirnya tinggal merantau di Moab hampir sepuluh tahun, sampai kelaparan yang sama juga melanda Moab.

Kata kunci di sini sekarang adalah Betlehem. Betlehem pertama disebut pada saat “kematian” Rahel. Ingat Rahel melahirkan Yusuf dan Benyamin bagi Yakub, dan kepada Yusuf ALLAH pernah membuat Perjanjian,… dan Benyamin menjadi salah satu daerah yang berafiliasi dengan YEHUDA, Israel Selatan, atau cukup Yudea. Daerah dimana ada YERUSALEM.
Dan sekarang Betlehem dimana Elimelekh berasal tetapi merantau kedaratan Moab, Elimelekh sekali lagi artinya adalah ALLAH adalah Rajaku, atau bisa juga ALLAHku adalah Raja, tergantung konteks kalimatnya.

Kedua anak Naomi mati juga, akhirnya tinggallah ia bersama istri dari kedua anaknya. Dan ia berkata: “Pergilah, pulanglah masing-masing ke rumah ibunya; TUHAN kiranya menunjukkan kasih-Nya kepadamu, seperti yang kamu tunjukkan kepada orang-orang yang telah mati itu dan kepadaku; kiranya atas karunia TUHAN kamu mendapat tempat perlindungan, masing-masing di rumah suaminya”.

Betapa sedihnya bukan,…. Mereka memang sudah jatuh miskin, sengsara, sehingga sang mertua menyuruh mereka pulang saja ke rumah orang tua masing-masing. Orpha akhirnya memilih pulang, sementara Ruth memilih bertahan, tentu dengan kalimat yang dipilih Alkitab berikut: “Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku; di mana engkau mati, akupun mati di sana, dan di sanalah aku dikuburkan. Beginilah kiranya TUHAN menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jikalau sesuatu apapun memisahkan aku dari engkau, selain dari pada maut!”

Ruth ini akhirnya mengikuti Naomi pulang kampung, mereka berangkat dari Moab menuju Betlehem. Disanalah mereka bertemu Boas. Boas adalah “penebus”. Penebus adalah seorang lelaki dengan hubungan darah terdekat kepada keluarga kita, dimana penebus ini ada pilihan untuk mempersunting istri dari anak-anak kita yang sudah meninggal. Dan Boas sebagai penebus mau menebus Ruth, ia menjadi suami dari Ruth.
Tambahan kata kunci setelah Betlehem, sekarang, adalah…”Allahmu adalah Allahku”, sesuai perkataan Ruth atas pilihannya, dan tentu penebus.
Dari penebus Boas dan Ruth yang memilih ALLAH sebagai Allahnyalah lahir Isai, dan bagi Isai lahirlah Daud, cucu karena Elimelekh, di Betlehem, dan ini terjadi pada masa Hakim-Hakim memerintah di tanah Israel. Ingat Kristus adalah mempelai bagi Jemaat.
Begitulah awal kisah Daud di Alkitab. Seterusnya namanya akan menghiasi Alkitab dari Kitab Samuel, Kitab Raja-raja, Kitab Tawarikh,…. Sampai Kitab Matius, sampai Kitab Wahyu. Jangan sangka itu hanya tercatat 23 tahun atau 1 tahun atau 1 hari dipercetakan Gutten Berg. nyatanya kitab-kitab di atas rentangnya hampir 1500 tahun.

Tentu orang akan mengingat Yesus lahir di Betlehem, sama seperti Daud, dan satu darah di dalam keadaanNYA sebagai manusia, maka sering disebut Yesus anak Daud.
Daud adalah seorang gembala, berani melawan Goliath pada masa mudanya, diurapi langsung oleh atas pilihan TUHAN, meski diurapi oleh TUHAN, ia ditolak oleh bangsanya atas nama Raja Saul, ia berkelana puluhan tahun dari kejaran Saul, sampai ia memulai pemerintahannya di Israel Selatan, di Tanah Benyamin-Yehuda, atau di Yudea. Israel besar dimulai dari Yerusalem, tanah berbukit yang kecil yang dibangun oleh Daud dan diteruskan oleh Salomo anaknya. Kerajaan TUHAN, INJIL diberitakan dari Yerusalem sampai ke ujung-ujung dunia. Dari sejak pengurapan itulah ia lebih dikenal sebagai Raja Daud.

Alkitab jujur mencatat tentang kebusukan hati Daud, yang bersekongkol membunuh Jenderalnya sendiri demi mendapatkan istrinya, Jenderal Uria yang malang. Jenderal Uria memperisti Batsyeba. Batsyeba adalah anak Eliam, Eliam atau Amniel artinya umat ALLAH (EL-i-am, AM-‘ni-EL). Bathsyeba artinya putri ketujuh, atau bisa juga putri perjanjian, atau bisa juga putri kemewahan. Dan Uriapun mati dipeperangan, sementara Daud mengambil Batsyeba menjadi istrinya, yang olehnya Salomo, Raja Salomo lahir, Raja yang berhasil menetapkan batas-batas kerajaan Israel sesuatu perintah TUHAN kepada Musa, hamba ALLAH, dan terlebih Raja yang berhasil mendirikan Bait Suci ALLAH di Yerusalem.
Setelah menjadi pejinah Alkitab juga mencatat tentang pertobatan Daud, tentang perjuangannya memintah pengampunan TUHAN, walau anak pertamanya mati akibat perjinahan dia dengan Batsyeba, tetapi anak setelahnya telah menghibur dia, Salomo.
Seterusnya di masa tuanya, tentu Raja Daud dapat melihat hukuman-hukuman TUHAN, bagaimana anak-anaknya terpecah belah,…Kekudusan TUHAN memang tidak bisa dilihat sebelah mata, apa yang ditabur itulah yang dituai.
Dan tentu ada sebuah janji yang amat sangat membuat hatinya rindu merana, “
Kehidupan Daud dalam sekali memberikan gambaran kepada kita tentang seorang yang dipilih TUHAN, tentang jatuh bangunnnya di dalam mengikut TUHAN, tentang penderitaan akibat pilihan TUHAN, tentang perlindungan TUHAN, tentang janji TUHAN, tentang hukuman TUHAN,… dan banyak sekali, semuanya dapat kita lihat di Kitab Mazmur, Kitab yang banyak mencatat mazmur Daud. Mizmor la-David, kata Ibraninya.
Doa Raja Daud pada masa Nabi Natan “menampar” Daud oleh dosanya, dalam doa ini kita dapat melihat bahwa TUHAN berjanji akan mendatangkan Mesias dari keturunan Raja Daud, dan Raja Daud diperlihatkan apa-apa yang sudah akan terjadi kelak kepada keturunannya itu.
Berikut doanya,
“Siapakah aku ini, ya Tuhan ALLAH, dan siapakah keluargaku, sehingga Engkau membawa aku sampai sedemikian ini?
Dan hal ini masih kurang di mata-Mu, ya Tuhan ALLAH; sebab itu Engkau telah berfirman juga tentang keluarga hamba-Mu ini dalam masa dan telah memperlihatkan kepadaku serentetan manusia yang akan datang, ya Tuhan ALLAH.
Apakah yang dapat dikatakan Daud kepada-Mu lebih lagi dari pada itu. Bukankah Engkau yang mengenal hamba-Mu ini, ya Tuhan ALLAH?
Oleh karena firman-Mu dan menurut hati-Mu Engkau telah melakukan segala perkara yang besar ini dengan memberitahukannya kepada hamba-Mu ini.
Sebab itu Engkau besar, ya Tuhan ALLAH, sebab tidak ada yang sama seperti Engkau dan tidak ada Allah selain Engkau menurut segala yang kami tangkap dengan telinga kami.
Dan bangsa manakah di bumi seperti umat-Mu Israel, yang Allahnya pergi membebaskannya menjadi umat-Nya, untuk mendapat nama bagi-Nya dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang besar dan dahsyat bagi mereka, dan dengan menghalau bangsa-bangsa dan para allah mereka dari depan umat-Nya?
Engkau telah mengokohkan bagi-Mu umat-Mu Israel menjadi umat-Mu untuk selama-lamanya, dan Engkau, ya TUHAN, menjadi Allah mereka.
Dan sekarang, ya TUHAN Allah, tepatilah untuk selama-lamanya janji yang Kauucapkan mengenai hamba-Mu ini dan mengenai keluarganya dan lakukanlah seperti yang Kaujanjikan itu.
Maka nama-Mu akan menjadi besar untuk selama-lamanya, sehingga orang berkata: TUHAN semesta alam ialah Allah atas Israel; maka keluarga hamba-Mu Daud akan tetap kokoh di hadapan-Mu.
Sebab Engkau, TUHAN semesta alam, Allah Israel, telah menyatakan kepada hamba-Mu ini, demikian: Aku akan membangun keturunan bagimu. Itulah sebabnya hamba-Mu ini telah memberanikan diri untuk memanjatkan doa ini kepada-Mu.
Oleh sebab itu, ya Tuhan ALLAH, Engkaulah Allah dan segala firman-Mulah kebenaran; Engkau telah menjanjikan perkara yang baik ini kepada hamba-Mu.
Kiranya Engkau sekarang berkenan memberkati keluarga hamba-Mu ini, supaya tetap ada di hadapan-Mu untuk selama-lamanya. Sebab, ya Tuhan ALLAH, Engkau sendirilah yang berfirman dan oleh karena berkat-Mu keluarga hamba-Mu ini diberkati untuk selama-lamanya.”

Dari semua perihal di atas, hanya ada satu kata yang dapat kita katakan: “Imanuel”, TUHAN Beserta kita.
Daud yang telah disiapkan sejak dahulu, adalah seorang yang diurapi, penggubah hampi 70 persen isi kitab nyanyian, Kitab Mazmur, seorang yang takut akan TUHAN, seorang yang bersahabat dengan Taurat TUHAN, tetapi juga seorang yang gagal di dalam berumah tangga, seorang petobat yang diingat sepanjang sejarah raja-raja, dan seorang yang berani bertindak demi Nama TUHAN.

About these ads

Tinggalkan sebuah Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: