3 hari 3 malam

Januari 27, 2010 pukul 11:28 am | Ditulis dalam Apologet | 24 Komentar
Tag: , , , ,

Yesus sudah bangkit. ITU PASTI. Tetapi timbul pertanyaan apakah betul 3 hari 3 malam (di dalam sense 72 jam) IA mati? (mati di sini artinya berada di HADES, tempat roh orang yang mati menanti kebangkitan)

Matius 12:40 Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.

Anak Manusia = Anak Allah = Yesus Kristus… selesai, tanpa pembahasan
3 hari 3 malam = 72 jam?? = 3 hari… tunggu dulu

Mari kita mencari makna 3 hari 3 malam:

a. Waktu pada saat penciptaan.

Kejadian 1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

Dari sini di dapat bahwa 1 terang dan 1 gelap sama dengan 1 hari, bisa saja 24 jam, yang artinya bisa saja 3 hari sama dengan 72 jam. Dan seterusnya term terang dan gelap ini akan digunakan. Terang bisa juga diartikan pada keadaan ada cahaya. Sesuai tradisi Yahudi jam dimulai pada jam 6 pagi. Jam 6 pagi sampai jam 6 sore saya sebut terang , dan selebihnya 6 sore ke 6 pagi besoknya disebut gelap. Perlu dicatat juga. TUHAN menciptakan alam semesta 6 hari lamanya (Keluaran 31:17, tetapi sangat jelas kita ketahui TUHAN melakukan penciptaan hanya pada TERANG saja, bukan pada saat GELAP. Artinya 6 hari bukan perkara 6 x 24 jam, tetapi kuantitas 6 x 1 hari saja.

b. Waktu pada saat Musa dan Israel dipanggil.

Keluaran 19:10-11 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Pergilah kepada bangsa itu; suruhlah mereka menguduskan diri pada hari ini dan besok, dan mereka harus mencuci pakaiannya. Menjelang hari ketiga mereka harus bersiap, sebab pada hari ketiga TUHAN akan turun di depan mata seluruh bangsa itu di gunung Sinai.

Contoh, hari penulisan artikel ini adalah hari Rabu, maka kita akan mencoba mengapplikasikannya ke kutipan ayat di atas sebagai berikut:
….suruhlah mereka menguduskan diri pada hari ini (Rabu) dan besok (Kamis), …sebab pada hari ketiga (Jumat)….
Perhatikan gambar berikut:

TUHAN berfirman pada saat terang di hari Rabu, dan pada hari terang di hari Jumat sudah bertemu dengan TUHAN… artinya 3 hari sama dengan 3 terang yang tidak penuh dan 2 gelap yang penuh, tetapi masih tetap 3 hari yaitu Rabu, Kamis dan Jumat, dan kurang dari 72 jam

c. Waktu Daud bertemu seorang Mesir

1 Samuel 30:11-13 Kemudian mereka menemui seorang Mesir di padang lalu membawanya kepada Daud. Mereka memberi dia roti, lalu makanlah ia, kemudian mereka memberi dia minum air, dan memberikan kepadanya sepotong kue ara dan dua buah kue kismis, dan setelah dimakannya, ia segar kembali, sebab ia tidak makan dan minum selama tiga hari tiga malam. Kemudian bertanyalah Daud kepadanya: “Budak siapakah engkau dan dari manakah engkau?” Jawabnya: “Aku ini seorang pemuda Mesir, budak kepunyaan seorang Amalek. Tuanku meninggalkan aku, karena tiga hari yang lalu aku jatuh sakit.


Gambar menjelaskan bisa saja si Mesir ini berbicara kepada Daud pada hari Sabtu (yang menjadikan 3 hari penuh dan bercerita di hari ke 4) atau pada hari Jumat (yang menjadikan tidak 3 hari penuh), dan semuanya disebut 3 hari.
3 hari sama dengan 3 hari 3 malam, sesuai narasi bisa saja lebih dari 72 jam atau malah kurang dari 72 jam

d. Waktu pada saat Ester dan Yahudi berpuasa.

Ester 4:15-16 dan Ester 5:1 Maka Ester menyuruh menyampaikan jawab ini kepada Mordekhai:”Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati.”…Pada hari yang ketiga Ester mengenakan pakaian ratu, lalu berdirilah ia di pelataran dalam istana raja, tepat di depan istana raja. Raja bersemayam di atas takhta kerajaan di dalam istana, berhadapan dengan pintu istana itu.

3 hari sama dengan 3 malam dan 3 siang, tetapi pada hari ketiga Ester sudah menemui raja, artinya kurang dari 72 jam

Dari uraian analisa PL di atas di dapat, bahwa 3 hari 3 malam bukan mengartikan tentang rentang jam, tetapi lebih ke arti bahasa yaitu 3 hari, baik penuh maupun tidak penuh.

Pertanyaannya adalah apakah metode ini masih dipakai pada jaman Yesus?
mari kita bandingan dua kutipan ini:

Matius 12:40 Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.

dengan

Matius 16:21 Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.

Matius 17:23 dan mereka akan membunuh Dia dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.” Maka hati murid-murid-Nya itupun sedih sekali.

Matius 20:19 Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan

Matius 27:63.. dan mereka berkata: “Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata: Sesudah tiga hari Aku akan bangkit.

Jawabannya, MASIH. Artinya 3 hari 3 malam bukan menjelaskan tentang kuantitas JAM tetapi kuantitas HARI yang setara dengan 3 hari (baik penuh maupun tidak penuh).

Bandingkan grafik pada Keluaran 19:10 di atas dengan Lukas 13:32 Yesus menjawab, “Pergilah beritahukan kepada orang yang tak berguna itu, ‘Hari ini dan besok Aku mengusir roh jahat dan menyembuhkan orang sakit, tetapi pada hari ketiga, Aku akan menyelesaikan pekerjaan-Ku.

……Hari ini (Rabu) dan besok (Kamis) Aku mengusir roh jahat ….., tetapi pada hari ketiga (Jumat)…

Perhatikan juga tabel berikut ini:

Keterangan 1 Keterangan 2 = Keterangan 1
…empat puluh hari empat puluh malam (Kejadian 7:4, 12) =…empat puluh hari (Kejadian 7:17, 8:6, 50:3)
…pagi dan petang (1 Samuel 17:16) =…1 hari (1 Samuel 17:16)
…40 hari 40 malam (Matius 4:2) =…40 hari (Markus 1:13, Lukas 4:2)

Kesimpulan:
Yesus mati 3 hari 3 malam yang setara dengan 3 hari. 3 hari bukan makna literal 72 jam, tetapi makna tradisi yang setara dengan, sesuai contoh, Rabu, Kamis, Jumat (3 hari).


Yesus bangkit pada hari pertama (Matius 28:1, Markus 16:2,9, Lukas 24:1, Yohanes 20:1), Minggu, artinya Yesus disalib dan mati pada hari Jumat. Ingat pada hari Jumat itu ada 3 jam Kegelapan sebelum Yesus mati.

——
Dalam sense Yahudi,
a. 1 hari dimulai/dihitung dari sore jam 6 sampai jam 6 sore di hari berikutnya,
b. suatu jam disebutkan bukan jam 1 atau jam 2, kardinal, melainkan jam ke 1, jam ke 2, urutan, ordinal

maka grafiknya menjadi demikian:

Dalam peristiwa lahir, mati dan bangkit, hanya kebangkitan yang disebutkan hari pertama, yaitu Minggu, yang lainnya tidak, itu mengindikasikan betapa pentingnya kebangkitan YESUS. Dari grafik total menjadi 3 hari.

Note:
—- di atas ditambahkan kemudian (tgl 6 september 2011) untuk keperluan pembaca

About these ads

24 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

  1. @ Parhobas

    Saya sering melihat perdebatan teman seiman kita dgn teman lain iman ttg perdebatan waktu Kristus mati selama 3 hari 3 malam di alam maut. Dari yg saya lihat seterang apapun penjelasan ttg isi alkitab itu tetapi mereka tetap menertawain penjelasan kita. Waktu yg mereka terapkan utk penjelasan utk Kristus di alam maut itu adalah spt waktu siklus tetap bulanan membayar rekening listrik tidak boleh molor dari yg telah ditetapkan… hehehe

    sipata gabe mago stress ta mangadopi bangso sepupu taon lae.

    shalom ves aleluja lae

    • shalom aleikha lae…..

  2. Sorry, aku mo nanya
    jadi menurut Anda, Yesus mati hari Jumat ya?

    • bukan menurut saya, tetapi dari Alkitab itu sendiri….

  3. @Robinson Agus Sihotang : Tapi saya rasa harus juga kamu lihat bahwa dalam Kristen sendiri ada aneka perbedaan pendapat terkait dalam hal ini. Kalo mau mungkin bisa kamu elaborasi lebih lanjut :)

    • Saya searched di Internet ada pendapat dari orang Kristen sendiri yang mengatakan Yesus TIDAK mati hari Jumat tetapi mati hari RABU.

    • test – test – test
      koment aku kok hilang/ ga ada ya???

      ……………………………………………..

      aku searched internet ada pendapat Kristen Yesus mati hari Rabu.
      Trims

      • itu tidak menjadi masalah, selama mereka mempunyai keyakinan yang sama…yaitu

        Yesus sudah bangkit. ITU PASTI

        sebab bukan hari yang kita cari secara mendalam, tetapi arti mati dan bangkit itu sendiri… dan karena itu jugalah Alkitab tidak pernah mencatat beberapa detail yang tidak membawa manfaat, termasuk di dalamnya kapan lahir, dan kapan tepatnya Yesus meninggal. Yang PASTI dicatat adalah YESUS telah Bangkit, yaitu pada hari PERTAMA.

  4. @ Love

    Ada aneka perbedaan dalam Kristen ttg posting sdr Parhobas di atas , itukah menurutmu wahai love ?? Hehehe..

    .
    .

    Semua ketrg sdr Parhobas di atas sudah sangat jelas dan jarang lho ada metodologi penyampaiannya dgn memakai sistem grafik gbr matematis gt ? Bhw kesimpulan yg diperbuat sdr Parhobas pasti sama dgn kesimpulan siapapun mereka kaum Kristiani ntah kah itu ComicBoy, ntah kah itu hh maupun Jephman. Kau bacalah kesimpulan itu Kesimpulan sdr Parhobas :

    Yesus mati 3 hari 3 malam yang setara dengan 3 hari. 3 hari bukan makna literal 72 jam, tetapi makna tradisi yang setara dengan, sesuai contoh, Rabu, Kamis, Jumat (3 hari).

    .

    Jadi intinya ya Love , bhw kita tidak dapat menangkap suatu inti (kabar baik) Injil yg dapat menyentuh hatimu yg sebenarnya jikalau pola kita hanya ingin melihat kekurangan huruf demi huruf yg tertulis di kitab Injil itu. Saya terkadang senyum2 jikalau sudah begitu mendetil menerangkan injil tsb tetapi malah dikatakan itu bukan injil yg sebenarnya. Apalah arti jumlah jam yg tidak mencukupin utk dapat dikatakan pas menjadi tiga hari tiga malam bhw Kristus ada dalam kubur ?? Kalau kau dapat membaca Kitab Kejadian (Genesis) dimana Allah menciptakan langit , Bumi dan seisinya… dalam tempo 7 hari nah dimanakah tertulisnya ketrg 7 malamnya ??? Trus mengapa Allah begitu lama menciptakan itu ?? Bukankah Dia Maha Kuasa dan Maha Dahsyat. Mengapa tidak 1 hari 1 malam saja Dia menyelesaikan ciptaanNya itu semua…
    .
    Jadi kembali ke laptop !!!
    Apa yg dinyatakan secara jelas dan tertulis maka itu adalah milik kita yg percaya tetapi apa yg tidak dinyatakan dan tidak tertulis maka itu hanya milik Allah saja.
    Jikalau kita sudah dilahirkan kembali maka kita mengerti apa itu hal-hal rohaniah dan apa itu hal-hal yg hanya jasmaniah. ..
    ngerti lovepas…
    (belum pak Agus) …
    ya udah tanya lagi …

    • @Mister Robinson Agus Sihotang : Whaduh kalo yang ngomong kamu sama nyamber-nyamber dikit nasehati aku juga nggak papalah, pasti kuperhatikan. :). Memperhatikan nasehat kamu kupikir yah masih ada harganyalah.

      Kalo saudara Parhobas menegaskan bukan harinya yang dicari ya monggo, silahkan. Tetapi kalo maksudnya apologetika berusaha menjelaskan cara ngitungnya, tak bilangi sekedar info , ada pendapat lain. Cuma itu saja intinya.

      Lha kali-kali saja Parhobas mau menjelaskan sekalian perbedaan sudut pandangnya gimana. A melihat dari sisi X, B melihat dari sisi Y misalnya gitu. :) Kalo berminat …kali-kali saja minat.

      Oke deh, lama-lama aku gak enak ati kalo kebanyakan bercanda sama kamu. :) Mohon maaf jika ada salah-salah kata lho yah…

      Jadi kembali ke laptop !!!
      Apa yg dinyatakan secara jelas dan tertulis maka itu adalah milik kita yg percaya tetapi apa yg tidak dinyatakan dan tidak tertulis maka itu hanya milik Allah saja.
      Jikalau kita sudah dilahirkan kembali maka kita mengerti apa itu hal-hal rohaniah dan apa itu hal-hal yg hanya jasmaniah. ..
      ngerti lovepas…
      (belum pak Agus) …
      ya udah tanya lagi … ===> Nggak jadi tanya deh, kamu semakin serius semakin kalem aku gak enak ati lama-lama. Hi Hi Hi

      See You Mister

      Salam Iya…

  5. Sebenarnya sih inti omonganku tuh gini : Kalian itu kadang senengnya hanya melihat satu sisi saja : Saya sering melihat perdebatan teman seiman kita dgn teman lain iman bla bla bla. Padahal ya nggak gitu2 amat karena kalo namanya debat mah seagama juga sering berdebat. Hik Hiks. Gitu lho maksudku.

    Ini kalimat umum lho yah, bukannya mau nyamber Kristen. Ini kalimat umum untuk semua agama.

    SALAM

    • @lovepassword:

      kata Anda:
      Kalian itu kadang senengnya hanya melihat satu sisi saja,


      kalimat Anda ini artinya apa?

      kata Anda:
      Padahal ya nggak gitu2 amat karena kalo namanya debat mah seagama juga sering berdebat. Hik Hiks. Gitu lho maksudku.


      kira2 Anda ini termasuk di ‘kalian’ di atas atau Anda sedang menempatkan diri di tempat yang lain?

      kata Anda:
      Ini kalimat umum lho yah, bukannya mau nyamber Kristen. Ini kalimat umum untuk semua agama.


      dari kalimat ini sepertinya Anda termasuk di dalam golongan ‘kalian’, tetapi dari kalimat di atas, sepertinya ‘kalian; itu di luar diri Anda, yang nota bene memeluk suatu agama…

      • Ngomong sama kamu kayak ngomong sama filsuf. :) Atau aku yang lagi ngefans sama gaya filsuf . Entahlah . Filsuf itu emang rada keren.

        Biarlah kuhadiahkan puisiku padamu :

        Kulihat angin mengibarkan bendera lalu kutanya pada bukuku : Yang berkibar angin atau bendera. Dia menjawab syahdu : Yang berkibar pikiranmu.

        Salam Saudara Parhobass.
        GBU

    • @ Love

      Sebenarnya sih inti omonganku tuh gini : Kalian itu kadang senengnya hanya melihat satu sisi saja : Saya sering melihat perdebatan teman seiman kita dgn teman lain iman bla bla bla. Padahal ya nggak gitu2 amat karena kalo namanya debat mah seagama juga sering berdebat. Hik Hiks. Gitu lho maksudku.

      .
      .
      mister Love
      Di dalam keKristenan sampai nanti turunnya Raja yg Mulia itu ke dunia ini utk yg kedua kali akan tetap selalu ada perdebatan dan pertentangan mengenai hal-hal yg bukan esensi dgn prinsip panggilan Kristus.
      Sebagai contoh bhw ada aliran Kristen Protestan yakni Pentakosta yg beribadah dgn riang gembira bertepuk tangan dan berbahasa roh. Ada aliran Kristen yg sangat khimat dan khusuk dalam ibadahnya spt Katolik . Ada yg melarang rupa-rupa keduniawan dan menolak ibadah-ibadah seperti Advent. Pd umumnya Kristen lainnya itu selalu taat kpd gerejanya masing-masing krn memiliki persepsi perbedaaan melihat ayat-ayat di kitab suci menurut pendiri gerejanya dimana mereka berjemaat. . Itu sudah berlangsung beribu-ribu tahun dan diizinkan Roh Kudus hanya utk memperkaya khazanah keKristenan itu sendiri. Tetapi intinya sekalipun dgn berbagai rupa peraturan gereja, bahasa jemaat dan adat istiadat jemaat setempat yg berbeda tetapi mereka tetap menjadikan Yesus Kristus sbg kepala Gereja mereka dimanapun mereka berada.

      Salam kasih

      • @Robinson Agus Sihotang : Okelah.. :) Saya bisa menangkap point maksudmu saya rasa.

        Saya mau ngomong balik sih. tapi setelah tak pikir-pikir kayaknya nggak perlu deh. Karena kalo ngasih kuliah, ngasih nasehat, dsb tentu saja tidak tepat jika kutujukan kepadamu. Saya rasa kamu lumayan kalem, tidak terlalu menyebalkan juga sehingga ngomong sama kamu juga perutku nggak mules Hiks.

        karena itu rasanya tidak ada yang perlu dikatakan. Kudengar kata2mu dalam diam. Dalam riuh suara jangkrik yang memanggil hujan.

        Hiks. Mendingan aku menjitak lagi ubun-ubun murid TKku saja deh. Ciao..See you. Aku mau balik dulu ke blognya murid Tkku tercinta. Hik Hiks.

        SALAM
        GBU

  6. @ FOR MY BELOVED BROTHERS AND SISTERS IN JESUS CHRIST

    YESUS HANYA MENGATAKAN BAHWA DIA AKAN MATI DAN DIBANGKITKAN SETELAH 3 HARI.

    YESUS TIDAK PERNAH MENGATAKAN BAHWA DIA AKAN MATI DAN DIBANGKITKAN SETELAH 3 HARI 3 MALAM

    Matius 12:40 Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.

    DALAM MATIUS 12:40 YESUS HANYA MENYINGGUNG TENTANG “TANDA YUNUS”
    DAN TERLALU CEROBOH APABILA KITA MENGANGGAP BAHWA “RAHIM BUMI” SEBAGAI KEMATIAN.

    UNTUK LEBIH JELASNYA SILAHKAN BACA DI SINI

    http://faithbookz.blogspot.com

    -SALAM FAJAR YEHUDA-

    • @fajaryehuda

      saya kira kesimpulan saudara sama dengan kesimpulan saya:

      Dari uraian analisa PL di atas di dapat, bahwa 3 hari 3 malam bukan mengartikan tentang rentang jam, tetapi lebih ke arti bahasa yaitu 3 hari, baik penuh maupun tidak penuh.

      salam
      Note:
      mohon CAPSLOCK yang terlalu banyak dikurangi dan dipergunakan seperlunya saja

  7. @ PARHOBASS

    tetapi saya juga menunjukkan adanya perbedaan waktu.
    anda dan saya nggak berbeda.

    anda mengatakan bahwa 1 hari = 72 jam
    padahal Yesus mengatakan bahwa 1 hari= 12 jam

    Yesus wafat pada Jumat 15:00 dan bangkit Minggu 03:00 minggu pagi

    1 hari = 12 jam
    3 hari = 36 jam

    Yohanes 11:9
    Jawab Yesus: “Bukankah ada dua belas jam dalam satu hari? Siapa yang berjalan pada siang hari, kakinya tidak terantuk, karena ia melihat terang dunia ini.

    btw, tulisan anda di blognya si WEDUL oke juga :) :) :)

    soal CAPSLOCK sorry yah… kebiasaan saya di blog-blog Muslim jadi terbawa-bawa

    hehehehhehehheee….. :) :) :) harap maklum

    • @fajaryehuda

      dari artikel saya di atas saya sedang menjelaskan bahwa sebenarnya yang dikatakan 3 hari atau 3 hari 3 malam bukanlah melulu dalam arti 72 jam, dari sekian penjelasan saya ada yang malah lebih dari 72 jam, dan ternyata ada pula yang kurang dari 72 jam…

      kita yang menerima berita dari pelapor Injil memang terbentur dengan set waktu Yahudi dan set waktu Yunani, sebab orang Yahudi dan audiens Yunani sedang di dalam digunakan untuk penulisan Injil kala itu..
      Yunani berkata 24 jam untuk satu hari, tetapi Yahudi berkata 12 jam…
      tetapi mari jangan terpaku pada masalah itu sebagai mana penulis INJIL juga tidak terpaku pada masalah itu…

      dan salah satu point saya adalah bahwa terkadang hitungan jam kemudian dikumandangkan oleh kita yang cenderung lari dari makna sebenarnya yaitu bahwa YESUS telah mati dan bangkit.

      jika saudara sering berdialog dengan saudara Muslim, maka berdialoglah dalam pancaran kasih Kristus. Sebab Kristus mengasihi kita bukan pada saat kita telah suci/bersih, tetapi justru pada saat kita masih berdosa, sehingga oleh karena itu wajarpulalah kita saling mengasihi saudara kita itu…mengasihi saudara salah satu pointnya adalah dengan bertutur kata yang baik dan bermakna, (memberitakan Injil dalam perbuatan)..

      salam

  8. @ Parhobass

    Sebenarnya saya nggak terlalu mempermasalahkan hal ini.
    yang terpenting adalah Yesus Kristus telah mati dan bangkit untuk kita.
    apapun itu harinya berapapun itu lamanya, Yesus Kristus tetap is the best.
    Dia telah menebus dosa-doosa kita sehigga kita dimampukan untuk mengerjakan keselamatan itu sampai Dia datang.

    oiya… saya masih eksis di blognya si wedul loh…. :) :) :)
    http://www.vilaputih.wordpress.com

    hehehe….. kenapa nggak join lagi disini? sibuk ya mas…

    God bless you, my beloved friend

    • @fajaryehuda

      Puji TUHAN, memang tepat, bahwa TUHAN telah berkarya dan selalu berkarya buat kita ciptaanNYA…
      Haleluya…

      saya memang pernah eksis di sana, tetapi saya kira sudah cukup berita INJIL disampaikan kepada saudara pemilik vilaputih. tinggal respon dia kepada INJIL bagaimana itu terserah dia…

      yah memang saya sangat-sangat sibuk beberapa saat ini..

      Kiranya TUHAN memberkati juga saudara seimanku fajaryehuda…

      Salam

  9. @ Parhobass

    saya juga sekarang sudah pamit sama pemilik vilaputih.wordpress dan semua netter muslim disana.
    Thanks ya buat artikel-artikel nya di blog ini, sangat bagus loh….

    • @fajaryehuda

      terimakasih…

      salam

  10. Salam,

    Sekedar Info

    Soal Yesus mati 3 hari tiga malam dan perdebatannya dengan Muslim bisa dilihat langsung tayangannya di Youtube

    “Was Jesus Crucified- Ahmed Deedat vs Dr. Floyd E. Clark”

    Silakan dilihat dengan mata terbuka, telinga yang mendengar dan hati yang selalu mencari kebenaran

    Terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: